Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Standar

A. Ciri-ciri khusus hewan.

Hewan-hewan disekitar kita sangat beragam. Hewan itupun hidup dilingkungan yang berbeda. Perbedaan itu merupakan bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungannya yang disebut adaptasi.

1. Kelelawar

Kelelawar satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Tapi, jangan salah, sayap kelelawar tidak sama dengan sayap burung atau serangga, sayap kelelawar memiliki kulit lentur yang membentang antar tulang jari dan lengan. Kelelawar juga termasuk hewan malam atau nokturnal. Kelelawar tidur dengan cara bergantung terbalik. Mengapa demikian? Alasannya karena kaki kelelawar tak cukup kuat menahan tubuhnya sendiri untuk berdiri. Penglihatan kelelawar sangat buruk, tapi hewan ini mempunyai kemampuan ultrasonik atau mampu mengeluarkan bunyi berfrekuensi tinggi dari mulut atau lubang hidungnya. Dengan demikian, kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda atau sonar (sound navigation and raging, navigasi suara dan jarak). Kemampuan kelelawar untuk menentukan letak benda dan mangsa yang ada disekitarnya disebut ekolokasi.

2. Cecak.

Cecak termasuk hewan reptilia, yaitu hewan yang berjalan dengan cara melata/merayap. Ia dapat merayap dimanapun, lantai rumah, dinding, tanah, asal bukan di air,lho.
Mengapa cecak tidak jatuh? Itu karena pada telapak kakinya terdapat bagian bergaris yang menonjol yang berfungsi sebagai alat perekat. Makanan cecak adalah serangga kecil, misal nyamuk dan laron. Cecak mempunyai lidah yang panjang dan lengket. Selain itu, cecak memiliki kemampuan autotomi, yaitu memutuskan ekornya secara tiba-tiba jika ada lawan yang ingin memangsanya. Tapi, tak usah khawatir, ekornya akan tumbuh kembali.

3. Semut.

Semut memiliki antena dibagian kepalanya, antena ini berfungsi sebagai alat indra baginya, untuk menyentuh, mencium dan merasakan getaran bunyi. Semut berkomunikasi dengan kawannya dengan antena tersebut, dan jika ada bahaya mereka akan mengeluarkan bau yang menyengat.

4. Unta.

Unta adalah hewan gurun. Bagaimana bisa unta tinggal ditempat yang kering dan panas seperti itu? Alasannya karena ia dapat menyimpan cadangan makanan pada punuknya. Dibagian telapak kakinya terdapat bantalan yang keras sehingga unta kuat berjalan berhari-hari disana. Bulu mata unta yang panjang berfungsi melindungi mata dari debu. Itulah beberapa alasan mengapa unta dapat hidup berlama-lama di gurun.

5. Jerapah.

Jerapah adalah hewan berleher dan berkaki panjang. Leher yang panjang itu berguna saat ia memakan daun-daunan. Ia termasuk hewan herbivora karena ia memakan tumbuhan. Coba bayangkan, apa yang terjadi jika jerapah memakan rumput? Haha..

6. Bebek.

Bebek merupakan jenis unggas diperairan dangkal. Ketika didarat, bebek lebih suka menggunakan kakinya untuk berjalan. Tapi, bebek lebih suka mencari makan diperairan, maka dari itu, kakinya yang pendek mempunyai selaput yang dapat membantunya saat berjalan diatas air atau permukaan yang berlumpur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s